Manfaat peregangan

Manfaat peregangan

Manfaat peregangan

Tubuhnya lentur. Itu harus fleksibel. Anda harus bisa membungkuk dan meraih apa yang telah Anda jatuhkan ke lantai. Anda harus bisa meraih bagian belakang gaun favorit Anda sendiri. Anda harus bisa meraih buku yang perlu Anda baca pada rak paling atas.

Ini adalah kegiatan sederhana. Tidak ada yang besar tentang mereka, Anda hanya meregangkan sedikit. Namun, jika sulit untuk melakukan operasi sederhana seperti itu, Anda harus melampaui batas. Anda sudah membutuhkan program peregangan.

Apa itu peregangan?

Peregangan adalah tindakan meregangkan seluruh tubuh atau sebagian tubuh. Kegiatan ini meluruskan atau meregangkan struktur pada anggota badan.

Bagaimana Anda melakukan peregangan?

Peregangan cukup mudah. Seperti disebutkan di awal, itu terlibat dalam kegiatan normal. Siapapun bisa melakukannya, tanpa memandang usia.

Namun, tingkat peregangan dan kelenturan berbeda. Seiring bertambahnya usia seseorang, otot-ototnya mengencang. Anda dapat meminimalkan jangkauan gerakan sendi. Ini sangat sering dapat mengganggu gaya hidup Anda saat bepergian. Oleh karena itu, seiring bertambahnya usia seseorang, ia lebih dibatasi dari membungkuk dan membungkuk. Itulah mengapa sangat penting untuk melakukan peregangan secara teratur sebagai bagian dari rutinitas Anda.

Peregangan sederhana dapat dilakukan setiap hari. Itu dapat dimasukkan ke dalam gaya hidup dan kehidupan sehari-hari Anda. Ini tidak memakan banyak waktu Anda.

Anda juga bisa melakukan latihan peregangan selama latihan. Padahal, peregangan merupakan bagian penting dari latihan dan olahraga. Itu harus dilakukan sebelum hal lain. Meregangkan  anggota tubuh Anda adalah persiapan yang baik untuk aktivitas yang lebih intens.

Ketika sebagian besar atlet duduk dan meraih, mereka duduk di lantai, meregangkan kaki mereka, dan mencapai ujung kaki mereka dengan ujung tangan mereka. Faktanya, sebagian besar pelatih mengharuskan atlet untuk benar-benar melakukan peregangan sebelum benar-benar bermain.

Padahal, peregangan memiliki waktu yang ideal. Sebaiknya lakukan dalam 10 menit. Ini memberi tubuh banyak kesempatan untuk menggerakkan dan menekuk otot, mempersiapkan gerakan yang lebih kompleks dan berat

Namun, para ahli mengerutkan kening setelah lebih dari 10 menit. Jika Anda melakukan peregangan selama lebih dari 30 menit, tubuh Anda sudah lelah. Ini tidak diinginkan jika Anda sedang mempersiapkan permainan.

Apa manfaat peregangan?

  1. Perluas rentang gerak

Jika Anda melakukan latihan peregangan sepanjang waktu, panjang otot dan tendon Anda juga akan bertambah. Ini akan membantu memperluas jangkauan gerakan Anda. Oleh karena itu, anggota badan dan persendian dapat bergerak sebelum cedera. Anda pasti cocok dengan tubuh Anda.

  1. Meningkatkan kemampuan melakukan keterampilan

Semakin luas rentang gerak Anda, semakin banyak yang dapat Anda lakukan. Misalnya, Anda bisa melompat tinggi tanpa merasa sakit saat kembali ke lantai. Ini juga akan membantu Anda untuk memulai olahraga baru atau bahkan meningkatkannya jika Anda berpartisipasi di dalamnya. Peregangan di area ini juga dapat menyebabkan gaya hidup lebih aktif.

  1. Pencegahan cedera

Peregangan dapat mencegah kerusakan pada sendi, tendon, dan otot. Jika otot dan tendon cukup tertekuk, mereka dianggap berfungsi normal. Ini membantu pemulihan yang lebih cepat dan menghilangkan rasa sakit. Otot-otot tubuh cenderung tidak terluka dan bisa lebih lelah dan berat.

  1. Mengurangi ketegangan otot

Olahraga teratur dan peregangan otot akan mengurangi peluang Anda untuk berkontraksi. Ini pasti akan meredakan nyeri otot dan masalah.

  1. Meningkatkan energi

Bergerak lebih banyak juga akan memberi Anda  banyak energi. Peregangan juga membantu meningkatkan kesadaran Anda sehingga Anda tahu bahwa Anda memiliki tubuh yang dapat melakukan banyak hal. Dengan demikian, Anda akan terdorong untuk bergerak daripada tenggelam ke sudut.

  1. Menurunkan kolesterol

Penelitian juga menunjukkan bahwa latihan peregangan panjang, seperti yoga, dapat membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh. Tentu saja, ini harus dilakukan dengan diet sehat. Ini dapat mencegah pengerasan arteri dan bahkan membalikkannya, menghindari penyakit arteri koroner.

 

Masukkan peregangan ke dalam kehidupan sehari-hari Anda. Ada kelebihan yang tidak bisa dikatakan tidak ada. Juga, tidak perlu banyak. Ini adalah aktivitas Anda yang biasa, terkadang membungkuk dan membungkuk. Bagaimanapun, kebugaran Anda adalah segalanya, jadi lakukan apa yang perlu Anda lakukan untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *